IDENTIFIKASI MUTU PASCA PANEN NATA DE COCO BERDASARKAN LAMA PERENDAMAN DAN PEREBUSAN

Suripto, Udiantoro , Lya Agustina

Abstract


Nata de coco merupakan salah satu olahan pangan yang mengandung serat. Nata de coco dihasilkan dari air kelapa yang mengalami proses fermentasi yang melibatkan mikroba Acetobacter xylinum yang akan mengubah glukosa menjadi selulosa, sehingga membentuk kumpulan biomassa yang terdiri dari jalinan selulosa yang berwarna putih menyerupai agar agar (Pembayun, 2002).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu dan kombinasi perebusan dengan perendaman terhadap mutu nata de coco selama proses pasca panen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL). Analisis data menggunakan analisis varians ANOVA (One-Way Anova) yang dilanjutkan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dan uji Kruskal-Wallis dilanjutkan dengan uji Multiple Comparisons (Post Hoc Test).

Perlakuan terbaik pada penelitian ini yaitu perlakuan P2 (perendaman 12 jam + perebusan 30 menit+ perendaman 12 jam), dengan nilai pH 6,41, dan kadar air 98,20%. Hasil uji organoleptik pada perlakuan P2 adalah nata de coco yang berwarna putih, agak kenyal dan beraroma asam.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/inagrin.v1i1.81

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/inagrin.v1i1.81.g42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.