KAJIAN KEBERLANJUTAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN REDOKS KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 5 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Refky Agusfianor Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Maya Istyadji Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: keberlanjutan pemahaman konsep, peta konsep, larutan elektrolit, non-eletrolit dan redoks

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang keberlanjutan pemahaman konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan redoks siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberlanjutan pemahaman konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan redoks kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode “survey”. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 3. Observasi dilakukan terhadap guru mengajar di kelas, guru mengajar dengan bantuan peta konsep pada materi larutan elektrolit dan redoks. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif. Juga keberlanjutan pemahaman konsep siswa tiap soal dapat diketahui apakah mengalami keberlanjutan atau tidak. Dengan demikian, hasil tes mengalami keberlanjutan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan yang mengalami keberlanjutan pemahaman konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan redoks sebesar 31,43%, sedangkan yang tidak mengalami keberlanjutan pemahaman konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan redoks sebesar 68,57% kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017, (2) Kategori tinggi keberlanjutan pemahaman konsep siswa pertiap soal dan persiswa pada konsep larutan elektrolit dan redoks sebesar 17,14%, untuk kategori sedang sebesar 48,57% dan untuk kategori rendah sebesar 34,29%.

Published
2019-04-23