MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DILENGKAPI LABORATORIUM VIRTUAL MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA 2 SMA PGRI 4

  • Risna Risna Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: keterampilan generik sains, laboratorium virtual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) peningkatan keterampilan generik sains, (4) peningkatan hasil belajar, dan (5) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dilengkapi laboratorium virtual. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.Subjek  penelitian adalah kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 dengan jumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik non tes yaitu lembar observasi dan tes berupa keterampilan generik dan hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi (1) aktivitas guru meningkat dari skor 56,84 kategori baik menjadi 70,17 kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa meningkat dari skor 50 kategori aktif menjadi 62,34 kategori sangat aktif, (3) persentase keterampilan generik sains meningkat dari 37,6 % kategori rendah menjadi 57,43 % kategori sedang. (4) persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif meningkat dari 42,86% kategori sangat rendah menjadi 85,71% kategori tinggi dan hasil belajar afektif meningkat dari 61,79% kategori cukup baik menjadi 78,93% kategori baik, (5) siswa memberikan respon baik.

Published
2019-04-23