KEMAMPUAN MENGGUNAKAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 14 BANJARMASIN

  • Raudah Putri Ekasari PS-PBI FKIP ULM
  • a b c PS-PBI FKIP ULM
Keywords: kemampuan, ejaan, teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami EBI peserta didik, kemampuan menerapkan EBI peserta didik, dan mengungkapkan kesalahan berbahasa pada aspek EBI dalam teks eksposisi peserta didik. Arifin menyatakan bahwa secara teknis, yang dimaksud dengan ejaan ialah pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian, yaitu 48 peserta didik kelas VIII SMPN 14 Banjarmasin.

Published
2019-05-08
Section
Articles